Cara Hosting Web dan Mengarahkan Domain (Tutorial bahasa indonesia)

Sebagaimana telah dijelaskan pada artikel ini hosting adalah bentuk jasa yang menawarkan penyediaan informasi baik berupa website, file transfer maupun email. Industri hosting indonesia sendiri telah berkembang pesat dalam kurun dekade terkahir. Dimana banyak penyedia hosting(hosting provider) berlomba untuk menjadi hosting terbaik indonesia.

Tidak kalah dengan penyedia luar negeri penyedia hosting indonesia pun menunjukkan keunggulan masing-masing baik fitur yang dimiliki, maupun variasi layanan hosting itu sendiri. Kendati hosting domain dalam artian meng-online-kan sebuah domain bukan lagi hal yang asing, namun berbagai aplikasi, tools juga panel yang makin user-friendly justru terkadang mengakibatkan kebingunan bagi mereka yang awam tentang bagaimana cara hosting web.

Baiknya kita memahami cara hosting web pada suatu provider dalam contoh kali ini kita akan menggunakan cPanel atau panel hosting berbayar yang umum digunakan sebagai media manajemen hosting indonesia. Terdapat 3 hal yang perlu kita siapkan agar dapat meng- hosting web :

Konten
konten dalam hal ini berupa aplikasi berbasis web maupun atau webiste itu sendiri. statis maupun dinamis. berupa CMS sebagaimana wordpress maupun webiste yang dikembangkan mandiri dengan pelbagai pilihan bahasa pemprogaman. Hal ini juga berarti anda telah menyiapkan database untuk webiste yang besifat dinamis.

Domain
domain didapat dengan meregistrasi pada penyedia layanan domain.Apabila anda belum memiliki domain, anda dapat melihat list domain yang kami tawarkan pada halaman berikut ini.

Hosting
Guna menghindari keruwetan meng- hosting web pada sebuah server, dapat digunakan hosting panel atau panel yang memiliki kapabilitas untuk melakukan interaksi dengan layanan yang berjalan pada server berdasar hak akses milik user tertentu. Nah, disinilah letak pentingnya berlangganan hosting pada suatu provider. dengan berlangganan, provider hosting akan memberikan kita akses ke cPanel dengan kurun waktu tertentu sesuai masa berlangganan kita.

Lantas bagaimana langkah-langkah / cara hosting web itu sendiri?

Setelah kita memiliki konten, mendaftarkan domain, dan diberi akses ke cPanel (panel hosting) oleh hosting provider, langkah pertama adalah mengarahkan domain (domain pointing) menggunakan name server yang diberikan (biasanya)bersamaan dengan akses ke cPanel atau hosting kita tadi. Pengarahan name server sendiri dapat dilakukan melalui panel domain yang disediakan oleh provider dimana kita mendafarkan domain.

Name server sudah diganti tapi webiste masih belum bisa diakses / online?

Jangan panik, hal ini normal. ada istilah propagasi DNS setiap kita mengganti name server domain. Hal ini untuk memberi waktu kepada internet global sehingga akhirnya mendeteksi bahwasannya domain kita kini telah mengarah atau beralamat ke server tertentu. Cepat-lambat propagasi DNS tergantung pada interkoneksi internet yang kita gunakan, namun umumnya dalam kurun waktu 24 jam domain kita sudah dapat diakses global (resolved).

Sembari menunggu propagasi, kita dapat melakukan upload web ke hosting, hal ini dapat dilakulan melalui file manager cPanel. Guna memudahkan file/ folder dijadikan satu dalam file kompresi berbentuk .zip dan di extract pada webroot hosting.

 

halaman utama cPanel

 

Webroot hosting merupakan tepat diletakannya file/ folder yang nanti akan dapat diakses publik. sehingga ketika domain diakses melalui browser maka apa yang terdapat pada webroot-lah yang akan muncul. Pada cPanel webroot ada pada directory public_html.

 

webroot atau public_html

Website saya menggunakan database, bagaimana cara mengupload database ke hosting?

Pertama, pastikan hosting web mendukung jenis database yang digunakan. hosting indonesia sendiri setidaknya mendukung 2 jenis database yaitu mysql dan pgsql. Untuk mengupload database sendiri anda perlu membuat database dan user database baru terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan melalui fitur database wizard.

 

MySQL database wizard

 

Selesai database dibuat database dapat di upload melalui fitur seperti mysql phpMyadmin. Tidak ketinggalan menyesuaikan setting koneksi database website dengan database yang sudah dibuat sebelumnya.

 

halaman phpMyadmin

Setelah rangkaian proses diatas dan telah lewat masa propagasi DNS, website kita sudah dapat diakses dengan mengetikkan alamat domain -nya pada web browser.

Semoga bermanfaat.

TOP

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp