Hosting WordPress Dengan cPanel

Hosting WordPress umum digunakan untuk mengembangkan website, baik berupa blog, toko online bahkan marketplace, sebagaimana blogspot WordPress merupakan alternatif cara hosting web gratis. Selain dapat menjadi media hosting murah untuk menampung konten, WordPress dilengkapi banyak plugin dan pilihan theme yang memanjakan penggunanya.

Cara membuat hosting WordPress sendiri cukup mudah, yang diperlukan untuk adalah registrasi pada WordPress.com, mendapatkan akses ke dashboard dan mulai menambahkan konten. Hosting WordPress sebagaimana hosting lainnya memerlukan hosting dan domain. dalam hal ini kita menggunakan layanan WordPress untuk menyimpan konten dan meng-online-kan nya.

tampilan wordpress.com

Saya ingin data saya ada pada server hosting saya sendiri namun tetap menggunakan WordPress, apakah bisa?

Tentu saja, WordPress berbentuk CMS yang dapat kita download dan kita kembangkan di hosting kita sendiri, selain itu kita bebas melakukan perubahan atau penambahan pada CMS tersebut semisal menambahkan plugin atau mengedit fungsi WordPress pada theme yang kita gunakan, hal ini tidak akan kita temukan pada hosting WordPress di WordPress.com

Bagaimana cara membuat hosting / meng- hosting WordPress pada server hosting cPanel?

setelah kita memiliki akses ke hosting dan domain, maka kita dapat mendownload script WordPress. WordPress kerap mengeluarkan rilis versi terbaru jadi ada baiknya kita sudah mendownload versi WordPress terkini dan menyimpannya pada komputer.

download wordpress

Berbeda dengan cara hosting web gratis pada blogspot atau WordPress.org, cara membuat hosting WordPress pada cPanel memerlukan pembuatan user dan user database terlebih dahulu. pada Cpanel kita dapat menggunakan mysql database wizard.

Selanjutnya kita dapat meng- upload script WordPress yang telah di download sebelumnya.

Hasil ekstrak umumnya berbentu satu folder dengan nama WordPress, agar terarah dengan benar pastikan isi dari folder tersebut dipindahkan tepat di bawah folder public_html , mengingat akses domain akan meng-index (membaca pertama kali) folder public_html.

persiapan hosting dan domain sudah dilakukan, database dan user database sudah dibuat. selanjutnya adalah setup WordPress dengan mengakses domain melalui web browser.

terdapat form yang perlu kita lengkapi:

Database name, Database username dan Database username didapat dari detail yang disiapkan sebelumnya

Database host dapat diisi dengan localhost

dan Table prefix dapat dibiarkan default sebagai wp_ atau kita ubah sesuai dengan kebutuhan, klik submit.

install wordpress

Selanjutnya kita perlu melengkapi form detail website dan terakhir klik tombol install, hosting WordPress sudah dapat digunakan.

TOP

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp